Tentang Gemastik XIV

about gemastik XIV

Service

Tentang

A. LATAR BELAKANG

GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, merupakan program Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi. Pada tahun ini GEMASTIK digelar untuk ke-14 kalinya dengan tema “TIK untuk Indonesia Bangkit Menuju Kehidupan Bangsa yang Lebih Baik”. Pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia bahkan negara lainnya menyebabkan pelaksanaan GEMASTIK XIV akan dilaksanakan seperti tahun 2020 yaitu dengan metode daring secara keseluruhan dari babak awal hinggan akhir kegiatan. Pagelaran ini diselenggarakan bersama salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai penyelenggara.

Melalui GEMASTIK, kompetensi TIK mahasiswa Indonesia akan diuji dengan berbagai studi kasus pada masing-masing cabang/divisi lomba untuk menghasilkan solusi paling efisien dan efektif. Para mahasiswa diharapkan tetap antusias walaupun dalam kondisi pandemi COVID19 untuk tetap menghasilkan karya dan menyalurkan semangat inovasi dalam pengembangan TIK untuk kemajuan Indonesia.

Dari tahun ke tahun, tingkat persaingan di dalam GEMASTIK semakin meningkat. Pada tahun 2017 tercatat tidak kurang dari 2.307 tim yang berasal dari 113 Perguruan Tinggi se- Indonesia terdaftar pada 10 cabang lomba GEMASTIK X. Pada tahun 2018, GEMASTIK XI terlaksana dengan diikuti oleh 2.470 tim yang berasal dari 132 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 11 cabang lomba. Pada penyelenggaraan sebelumnya yaitu tahun 2019, GEMASTIK XII diikuti oleh 3.285 tim yang berasal dari 133 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 11 cabang lomba. Pada tahun 2021 ini, GEMASTIK XIV kembali diselenggarakan dengan 11 cabang lomba.

B. DASAR HUKUM
  1. 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
  2. 2. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,
  3. 3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan,
  4. 4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi,
  5. 5. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia,
  6. 6. Peraturan Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
  7. 7. Peraturan Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 46 Tahun 2019 tentang Rincian Tugas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
C. TUJUAN

Tujuan dari GEMASTIK adalah sebagai berikut :

  1. 1. Menjadi salah satu wahana penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, khususnya era Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong era Society 5.0,
  2. 2. Sebagai media bagi mahasiswa untuk terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasi dalam pengembangan TIK untuk keunggulan daya saing bangsa,
  3. 3. Meningkatkan kepedulian serta kesadaran mahasiswa dalam memanfaatkan IPTEK sehingga menghasilkan produk inovasi yang memiliki daya saing tinggi,
  4. 4. Sebagai sarana pendukung demi terciptanya inovasi dalam teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak terhadap lingkungan sekitar,
  5. 5. Memberikan wanaha untuk mahasiswa berinovasi dan berkreativitas dibidang TIK dimasa pandemi COVID-19 dan menjadikan hasil karya mahasiswa sebagai hasil nyata mahasiswa dalam membantu permasalahan di lingkungan keseharian.
D. PENANGGUNG JAWAB
  1. 1. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  2. 2. Perguruan Tinggi pelaksana.
Service

Penjelasan Umum

A. CABANG-CABANG LOMBA

Kegiatan perlombaan dalam GEMASTIK XIV dilaksanakan dalam 2 (dua) babak lomba untuk semua cabang/divisi lomba, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Babak Penyisihan wajib diikuti oleh seluruh peserta pada setiap cabang/divisi lomba. Babak Final diikuti oleh para peserta yang dinyatakan lolos pada Pengumuman Babak Penyisihan masing-masig cabang/divisi lomba. Babak Penyisihan maupun Babak Final GEMASTIK XIV dilaksanakan secara daring, dengan penyelenggaraan sesuai yang dijelaskan pada Aturan Pelaksanaan masing-masing cabang/divisi lomba.

GEMASTIK XIV menggelar 11 cabang/divisi lomba dalam bidang TIK (Teknologi Infomasi dan Komunikasi), baik dengan format pertandingan maupun kompetisi karya. Berikut ini adalah 11 cabang/divisi lomba GEMASTIK XIV, yaitu :

  1. Divisi I Pemrograman (Programming)
  2. Divisi II Keamanan Siber (Cyber Security)
  3. Divisi III Penambangan Data (Data Mining)
  4. Divisi IV Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
  5. Divisi V Animasi (Animation)
  6. Divisi VI Kota Cerdas (Smart City)
  7. Divisi VII Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)
  8. Divisi VIII Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)
  9. Divisi IX Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT)
  10. Divisi X Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development)
  11. Divisi XI Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)
B. PERSYARATAN UMUM
  1. 1. Perguruan Tinggi peserta adalah perguruan tinggi yang terdaftar pada laman PD DIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id) dan yang berada di bawah lingkup Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,
  2. 2. Peserta adalah mahasiswa aktif yang terdaftar pada perguruan tinggi dan terdaftar pada laman PDDIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id) pada saat dilakukan pendaftaran tim peserta hingga pelaksanaan babak final,
  3. 3. Setiap 1 (satu) tim peserta terdiri dari maksimum 3 orang mahasiswa,
  4. 4. Peserta belum pernah menjuarai kategori lomba yang sama pada Gemastik tahun sebelumnya,
  5. 5. Penulisan nama mahasiswa peserta wajib menggunakan nama lengkap tanpa disingkat,
  6. 6. Peserta wajib mengikuti seluruh jadwal dan aturan ketentuan kompetisi sesusai Buku Panduan edisi mutakhir pada setiap kompetisi tahunan,
  7. 7. Untuk lomba berbasis karya kreasi, karya yang diikusertakan tidak diperkenankan mengandung unsur SARA (suku - agama - ras - antar golongan), radikalisme, asusila dan plagiarisme, serta belum pernah mendapatkan juara pada kompetisi lain,
  8. 8. Semua kegiatan lomba (presentasi dan non presentasi) pada babak final dilaksanakan secara daring dan dimungkinkan terbuka (dihadiri oleh peninjau yang bukan finalis pada kategori lomba yang diikuti).
C. PENDAFTARAN
  1. 1. Pendaftaran Kepesertaan Perguruan Tinggi
    1. a) Perguruan Tinggi yang mengikutsertakan mahasiswa GEMASTIK XIV terlebih dahulu mendaftarkan kepesertaan Perguruan Tinggi secara daring melalui aplikasi pendaftaran pada laman https://gemastik.kemdikbud.go.id untuk mendapatkan akun Perguruan Tinggi.
    2. b) Pengantar Peguruan Tinggi ditandangani oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan diunggah ke aplikasi pendaftaran tersebut diatas.
  2. 2. Pendaftaran Kepesertaan Tim
    1. a) Pendaftaran Tim Peserta dilaksanakan secara daring melalui aplikasi pendaftaran pada laman https://gemastik.kemdikbud.go.id setelah pendaftaran kepesertaan Perguruan Tinggi diselesaikan.
    2. b) Pendaftaran Tim Peserta diwajibkan untuk setiap tim peserta seluruh cabang/divisi lomba.
    3. c) Peserta wajib mengunggah Kartu Tanda Mahasiswa dan Pengantar Perguruan Tinggi yang ditandatangani Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan.
    4. d) Untuk setiap karya yang diikutsertakan, peserta wajib melampirkan pernyataan bahwa karya yang diikutsertakan pada GEMASTIK XIV belum pernah diikutsertakan pada kompetisi lain dan GEMASTIK tahun sebelumnya, diketahui oleh Pimpinan Fakultas/Departemen/Jurusan Bidang Kemahasiswaan.
  3. 3. Pendaftaran Ulang Peserta Babak Final
    1. a) Pendaftaran Ulang Peserta Babak Final dilakukan secara daring melalui aplikasi pendaftaran pada laman https://gemastik.kemdikbud.go.id setelah Pengumuman Hasil Babak Penyisihan.
    2. b) Pendaftaran dilakukan oleh masing-masing Tim Finalis (Mahasiswa) pada semua divisi GEMASTIK XIV dengan mengunggah Pengantar Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan untuk kepesertaan pada Babak Final.
    3. c) Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan melaksanakan pendaftaran kehadiran Pembina dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Babak Final.